Go'et Manggarai Dan Maknanya

 OLEH : STANISLAUS BANDUT, S.Pd

Foto: Stanislaus Bandut

INFOSMPN3PACAR.COM- Manggarai merupakan salah satu daerah yang terletak diujung timur indonesia yaitu tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah ini, terkenal dengan adat istiadatnya yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik.

Adapun yang cukup menarik perhatian saya adalah banyak kata-kata kiasan dalam adat istiadat manggarai, kata-kata kias tersebut biasa disebut dengan go'et Manggarai.

Baca Juga:Diterpa Hoax Penculikan Anak

Go'et merupakan serangkaian kalimat dan kata-kata kiasan yang digunakan oleh orang-orang Manggarai pada saat menjalankan suatu ritual adat maupun dalam pembicaraan setiap hari, dan mempunyai makna yang sangat mendalam. Kebiasaan tersebut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan manggarai yang telah ada sejak dahulu kala, hingga sampai saat ini. 

Kata-kata kiasan atau go'et tersebut digunakan oleh masyarakat Manggrai baik berupa suatu petuah, saran, kritikan dan masih banyak jenis lainnya. Hal ini tentu menjadikan daerah Manggarai sebagai salah daerah yang terkenal akan adat istiadatnya.

Adapun beberapa contoh go'et atau kata-kata kiasan tersebut yang sering digunakan oleh masyarakat Manggarai dalam kehidupan sehari-hari, maupun pada saat ritual adat dijalankan yaitu antara lain:

Pertama, Lalong Bakok Du Lakon, Lalong Rombeng Te Kolen

Arti dari go'et ini secara sederhana adalah ketika kita pergi ketanah rantau, baik itu untuk mengejar pendidikan maupun pergi untuk bekerja, harapannya adalah ketika kita kembali kedaerah asal kita, dengan membawa suatu keberhasilan.

Kedua, Neka Hemong Kuni Agu Kalo

Go'et ini memiliki makna yaitu jangan pernah melupakan kampung halaman atau tempat dimana kita dilahirkan.

Ketiga, Muku Ca Pu'u Neka Woleng Curup, Tiu Ca Ambung Neka Woleng Jaong

Go'et ini bermakna  jangan pernah berbeda pembicaraan atau pendapat  dan jangan pernah  cerai berai serta berbeda jalan. Disisi lain go'et ini, mempunyai pesan bawasannya kita harus tetap memilihara persatuan dan kesatuan serta keharmonisan dalam kehidupan bermasayarakat.

Keempat, Neka Wensu Nembur Neka Sengka Benggah

Go'et ini  artinya adalah ketika kita memulai pembicaraan jangan seolah-olah kita mengerti segalanya dan menganggap orang lain tidak mengerti. Makna lain dari kata kiasan ini adalah perhatikan etika berbicara kita, jangan sampai apa yang kita katakan menyinggung perasaan orang lain.

Kelima, Sama Lewang Nger Peang, Sama Po'e Nger One.

Makna dari go'et ini yaitu menolak hal-hal yang buruk dan menerima hal-hal yang baik secara bersama-sama.

Keenam, Wake Seler Nger Wa, Saung Bembang Nger Eta.

Makna dari go'et ini yaitu jika dalam hidup berkeluarga, semoga diberikan rahmat kesehatan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ketujuh, Mbiang Dila, Tampang Gala.

Makna dari go'et ini yaitu Sebuah harapan agar selalu Memperoleh kesehatan jiwa raga.

Itulah beberapa contoh kata-kata kiasan atau go'et Manggarai yang memiliki makna begitu mendalam dalam konteks kehidupan kita sehari-hari.  Berbicara tentang go’et  Manggarai sebenarnya tidak akan pernah habis, masih banyak kata-kata petuah yang ada didalamnya yang tentunya perlu kita kaji secara bersama-sama.

Catatan : Adapun kesalahan penafsiran dalam memaknai kata go’et dan contohnya seperti yang sudah dijelaskan. Silahkan berikan komentar anda demi penyempurnaan tulisan ini.


Redaksi||Stan