Luar Biasa, Untuk Pertamakalinya SMPN 4 Komodo Gelar UTS Melalui Google Form

Foto Pelaksanaan UTS secara daring, SMPN 4 Komodo, Senin, 13/03/2023, oleh Viktor D. Fidelis,S. Pd.,Gr

INFOSMPN3PACAR.COM- Untuk pertama kali dalam sejarah perjalanan akademik SMP Negeri 4 Komodo, pelaksaanan ujian tengah semester (UTS) dilakukan secara daring, Senin, 13 Maret 2023.

Salah satu guru SMPN 4 Komodo, yang juga pernah mengajar di SMPN 3 Pacar, Viktor D. Fidelis,S. Pd.,Gr, mengungkapkan bahwa pelaksanaan UTS secara daring, merupakan bagian digitalisasi proses pembelajaran.

"Sebagai tahapan uji coba kami mengambil sampel siswa kelas IX dan hari pertama terlaksana dengan lancar" ungkap Viktor.

Menurut Viktor, pemanfaatan google form dalam pelaksanaan UTS memiliki banyak keuntungan, terutama dalam rangka penghematan biaya, ditengah menurunnya jumlah siswa setiap tahun, sehingga persentase anggaran Dana BOS yang masuk semakin berkurang, tentu berdampak pada pembelanjaan ATK Ujian Tengah Semester. 

Keuntungan lainnya efisiensi waktu pemeriksaan ujian siswa oleh guru dan siswa langsung mengetahui sendiri hasil ujian. Sehingga rencana tindak lanjut melakukan remedial dapat saja dilakukan guru.

"Media yang digunakan adalah HP andorid dengan akun belajar id sehingga semua siswa dapat mengakses melalui link yang dikirim guru mata pelajaran melalui grup WA kelas" Jelas Viktor.

Viktor menambahkan bahwa, Kolaborasi para para guru dan siswa dalam memulai proses ini sangat sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu mengembangkan kopetensi anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.


Kontributor|| Viktor D. Fidelis,S. Pd.,Gr, 
Editor|| Stanislaus Bandut, S.Pd